Contoh RPP IPS Kelas IX semester 2
Pusing Menyusun Administrasi Pembelajaran?
disini Solusinya 081222940294 (SMS / WA)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi
siswa diharapkan mampu :
- Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta beserta nama-namanya.
- Membuat diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
- Mendeskripsikan pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alam
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran :
1.
Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
2.
Diagram Bentuk muka bumi daratan dan
dasar laut.
3.
Teknik/Cara penggambaran bentuk muka
bumi pada peta.
C. Metode Pengajaran :
1.
Ceramah
bervariasi
2.
Diskusi
3.
Inquiry
4.
Tanya Jawab
5.
Simulasi
6.
Pengamatan (
observasi )
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - Bentuk-bentuk muka bumi
pada peta.
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi :
-
Mengapa permukaan
bumi tidak rata?
-
Pernahkah kalian
pergi ke pantai atau ke gunung? Sebutkan apa saja yang kamu
lihat?
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa untuk memperhatikan peta.
F
Siswa menyebutkan
relief yang ada pada peta.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
menyimpulkan kegiatan guru.
F
Guru memberikan
pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan.
F
Melakukan tes
yang berhubungan dengan materi.
F
Memberi tugas
individu agar siswa menyebutkan contoh relief daratan dan dasar laut lewat gambar majalah atau Koran.
2. Pertemuan II
Materi : - Diagram bentuk
muka bumi daratan dan dasar laut.
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi :
-
Berilah contoh
relief permukaan bumi dan dasar laut?.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa untuk memperhatikan gambar-gambar bentuk permukaan bumi daratan dan dasar
laut.
F
Siswa menjelaskan
perbedaan daratan dan dasar laut.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Secara bergantian
siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh relief daratan dan dasar laut.
F
Secara kelompok
siswa membuat kesimpulan tentang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan tes
yang berhubungan dengan materi di atas.
F
Memberi tugas
individu di LKS.
3. Pertemuan
III
Materi :
- Pola dan
bentuk objek geografis.
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi : Menunjukkan gambar/foto objek geografis
Apersepsi :
-
Berilah contoh Pola
dan bentuk objek geografis?.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F
Guru meminta
siswa untuk memperhatikan gambar-gambar pola dan bentuk
objek
geografis
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Secara bergantian
siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh pola dan bentuk objek geografis
F
Secara kelompok
siswa membuat kesimpulan tentang pola dan bentuk objek geografis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar