Selasa, 20 Juni 2017

Contoh RPP IPS Kelas IX semester 2

Contoh RPP IPS Kelas IX semester 2 

Pusing Menyusun Administrasi Pembelajaran?
 
disini Solusinya 081222940294 (SMS / WA)
 

 

A. Tujuan Pembelajaran        :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
  1. Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta beserta nama-namanya.
  2. Membuat diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
  3. Mendeskripsikan pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alam
v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Pembelajaran         :
1.        Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
2.        Diagram Bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
3.        Teknik/Cara penggambaran bentuk muka bumi pada peta.
C. Metode Pengajaran           :
1.                              Ceramah bervariasi
2.                              Diskusi
3.                              Inquiry
4.                              Tanya Jawab
5.                              Simulasi
6.                              Pengamatan ( observasi )
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran           :
1.   Pertemuan I   
      Materi  : - Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.                    
a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi         :
-          Mengapa permukaan bumi tidak rata?
-          Pernahkah kalian pergi ke pantai atau ke gunung? Sebutkan apa saja yang kamu lihat?
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa untuk memperhatikan peta.
F  Siswa menyebutkan relief yang ada pada peta.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa menyimpulkan kegiatan guru.
F  Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan.
F  Melakukan tes yang berhubungan dengan materi.
F  Memberi tugas individu agar siswa menyebutkan contoh relief daratan dan dasar laut lewat gambar majalah atau Koran.
2.   Pertemuan II 
      Materi  : - Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
                   
a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto permukaan bumi
Apersepsi         :
-          Berilah contoh relief permukaan bumi dan dasar laut?.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar bentuk permukaan bumi daratan dan dasar laut.
F  Siswa menjelaskan perbedaan daratan dan dasar laut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Secara bergantian siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh relief daratan dan dasar laut.
F  Secara kelompok siswa membuat kesimpulan tentang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan tes yang berhubungan dengan materi di atas.
F  Memberi tugas individu di LKS.
3.   Pertemuan III
      Materi  :
                    - Pola dan bentuk objek geografis.                
a. Pendahuluan            :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi           : Menunjukkan gambar/foto objek geografis
Apersepsi         :
-          Berilah contoh Pola dan bentuk objek geografis?.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar pola dan bentuk objek geografis
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Secara bergantian siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh pola dan bentuk objek geografis
F  Secara kelompok siswa membuat kesimpulan tentang pola dan bentuk objek geografis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar