Rabu, 21 Juni 2017

RPP IPA KELAS XII SEMESTER GASAL

RPP IPA KELAS XII SEMESTER GASAL
 
Pusing Menyusun Administrasi Pembelajaran?
 
disini Solusinya 081222940294 (SMS / WA)
 
   Tujuan Pembelajaran
Pendidikan karakter harus bisa bertujuan untuk pendidikan semua masyarakat pendidikan, dalam hal ini yang dibidik adalah guru dalam skala sempit dan murid dalam skala luas.
Setelah mempelajari bab ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Mendeskripsikan komponen ekosistem.
2.      Mendeskripsikan interaksi antarkomponen ekosistem
3.      Mendeskripsikan karakteristik tipe ekosistem
4.      Mendeskripsikan manfaat komponen ekosistem bagi kehidupan
Karakter yang dituju : siswa yang cerdas, terampil, analitis, kritis dan berwawasan luas
II.      Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
A.    Ekologi (Lihat BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
Pertemuan 2
B.     Ekosistem (Lihat BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
Pertemuan 3
C.     Macam dan satuan ekosistem (Lihat BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
Pertemuan 4
D.    Pola interaksi dalam ekosistem (Lihat BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
III.   Model dan Strategi Pembelajaran
1.      Model pembelajaran CTL.
2.      Strategi : studi pustaka, diskusi, ceramah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain.
IV.   Langkah – langkah pembelajaran
A.    Pertemuan pertama (Alokasi waktu : 2 x 45 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.     Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing – masing
Dampak : berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari, guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk : manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.     Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa hormat kepada guru
2.
Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi
1)      Disediakan modul belajar dan para siswa membaca sebentar isi modul. (10 menit)
2)      Siswa menutup modul, mengeluarkan buku tulisnya dan mengerjakan soal pretest (tes awalan) tentang isi modul. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Siswa akan merasa tertantang seberapa besar daya serapnya dalam mempelajari materi dalam waktu singkat.
3)      Siswa dijelaskan materi tentang ekologi. (14 menit)
Karakter yang akan terbentuk : rasa serta sikap siap dalam segala kondisi
4)      Tanya jawab tentang materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (5 menit)
b.      Elaborasi
1)      Disediakan soal – soal tentang ekologi. Siswa mengerjakannya dengan sungguh – sungguh. (soal-soal lebih bersifat analisis) (10 menit)
2)      Siswa mempresentasikan jawabannya di depan kelas. (10 menit)
Karakter yang akan terbentuk : rasa keyakinan dalam hati dan percaya diri.
3)      Saat salah satu siswa presentasi, siswa lain memberikan tanggapan. (10 menit)
Karakter yang akan terbentuk : berani berpendapat
4)      Diskusi hasil presentasi. (10 menit).
c.       Konfirmasi
Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)
B.     Pertemuan kedua (Alokasi waktu : 2 x 45 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.       Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing – masing. (5 menit)
Dampak : berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari, guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk : manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.     Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa hormat kepada guru
2.
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1)      Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan.
2)      Membahas materi lanjutan tentang pola interaksi dalam ekosistem. (10 menit)
3)      Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit)
b.      Elaborasi
Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 Menit)
c.       Konfirmasi
Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)
C.    Pertemuan ketiga (Alokasi waktu : 2 x 45 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.       Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing – masing. (5 menit)
Dampak : berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari, guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk : manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.     Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa hormat kepada guru
2.
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1)      Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan.
2)      Membahas materi lanjutan tentang pola interaksi dalam ekosistem. (10 menit)
3)      Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit)
b.      Elaborasi
Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 Menit)
c.       Konfirmasi
Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)
D.    Pertemuan Empat (Alokasi waktu : 2 x 45 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.       Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing – masing. (5 menit)
Dampak : berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari, guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk : manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.     Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa hormat kepada guru
2.
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1)      Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan.
2)      Membahas materi lanjutan tentang pola interaksi dalam ekosistem. (10 menit)
3)      Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit)
b.      Elaborasi
Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 Menit)
c.       Konfirmasi
Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)
V.      Sumber Pembelajaran dan Alat Pembelajaran
1.      Modul bahan ajar
2.      BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera
3.      Buku referensi lain yang relevan
4.      Lingkungan sekitar
5.      Internet
VI.   Penilaian
A.    Penugasan (Kerja Kelompok BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
Buatlah kelompok 4-5 orang. Tunjuklah secara demokratis satu orang untuk menjadi ketua kelompok, kemudian kerjakan tugas berikut dengan baik! Bekerjasamalah dengan baik!
Alat dan Bahan :
1.      Tali
2.      Patok
3.      Alat tulis
4.      Kalkulator
Cara Kerja :
1.      Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan lokasi yang berbeda (tempat teduh dan tempat terbuka)!
2.      Lokasi tersebut kemudian diukur dengan ukuran 1 x 1 meter!
3.      Amatilah komponen – komponen penyusun ekosistem dalam area!
4.      Perluasan ukuran plot menjadi 2 x 2 meter dan 4 x 4 meter!
5.      Amatilah kembali komponen – komponen penyusu ekosistemnya.
6.      Catatlah hasilnya.
Pertanyaan :
1.      Apakah ada perbedaan komponen penyusun ekosistem pada daerah terbuka dengan daerah teduh? Jelaskan faktor penyebabnya!
2.      Bagaimana perbandingan jumlah komponen penyusun ekosistem pada setiap ukuran plot? Jelaskan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar