POIN PENTING KARAKTERISTIK PTK GURU
Pusing Menyusun Administrasi Pembelajaran?
disini Solusinya 081222940294 (SMS / WA)
Karakteristik
dalam PTK disimpulkan ada 4 poin, adalah
sebagai berikut : Pertama, Guru merasa
ada permasalahan yang mendesak untuk segera
diselesaiikan di Dalam Kelasanya. Guru yang ingin melakukan penelitian PTK
paling tidak harus mempunyai pangilan jiwa untuk turut berjuang memperbaiki
kualitas pembelajaran dari waktu ke waktu. Bila guru yang melakukan PTK terpaksa atau
tidak niat dengan tulus maka hasil penelitiannya akan banyak errornya karena banyak faktor-faktor yang diabaikan di
penelitian tersebut.
Contohnya
adalah guru sudah mengajarkan tentang pemuaian volume berulang kali dengan
lantihan soal yang banyak tetapi pas dilakukan ujian ternyata yang lulus diatas
KKM hanya 20% dan yang tidak tuntas sebanyak 80%. Dari dasar ini, guru akan
merefleksi diri kenapa mengapa hal ini terjadi. Dari repleksi ini guna untuk
meningkatkan minat siswa terhadap materi Fisika dengan cara apa saja yang
penting siswa tersebut untuk meningkatkan ulangan fisika.
Kedua,
mengadakan refeksi diri. Refleksi diri adalah ciri khas PTK yang paling
efektif. Karena dari sinilah kita bisa membedakan antara PTK dengan penelitian
umum termasuk pengumpulan data. Refleksi diri digunakan oleh guru untuk
mengoreksi dirinya sendiri terkait adanya kelemahan dan kelebihan dalam pola
pembelajaran yang teleh dilaksanakannya sendiri di kelas. Kemiudian guru
tersebut melakukan perbaikan diri dari kelemahan2 tersebut dan akan
menyempurkan apa yang telah menjadi kelebihannya.
Contohnya,
guru mengajar dikelas merasakan ada masalah yang berkenaan dengan rendahnya
penguasaan rumus-rumus fisika pada peserta didik yang ia ampu. Ketika guru mau
melakukan penelitian tindakan kelas yang digunakan untuk mengumpulkan data harus dilakukan proses refleksi diri.
Cara
untuk mengumpulkan data pada refleksi diri dengan membuat pertanyaan-pertanyaan
yakni :
- Apakah penjelasan saya cepaat dalam menjeaskan rumus-rumus Fisika?
- Apakah saya terlalu cepat dalam menjelaskan rumus-rumus Fisika ?
- Apakah saya sudah memberikan contoh yang memadai ?
- Apakah saya telah memberikan kesempatan bertanya yang cukup kepada peserta didik ?
- Apakah saya sudah meberikan soal-soal latihan yang memadai ?
- Apakah soal-soal tersebut telah saya koreksi semuanya dan memberi catatan-catatan kesalahan yang dilakukan peerta didik ?
- Apakah bahasa yang sayaa gunakan dapat ditangkap dengan jelas oleh seluruh peserta didik ?
Dari
pertanyaan-pertanyaan yang ditunjukkan pada diri sendiri diatas, guru akan menemukan penyebab dari
berbagai perasaan yang dihadapi. Dari
sinilah bila pennyebab masalah ditemukan maka solusi akan mudah dicari. Bila guru jujur mau mengakui
kelemahannya dalam mengajar dari
penyebab diri sendiri dan peserta didik
maka akan menghasilkan nilai
diatas KKM lebih dari 75%.
Ketiga,
PTK dilakukan didalam kelas sehingga fokus perhatian adalah proses pembelajaran
anatara Guuru dansiswa melalui Interaksi. Pada PTK guru harus fokus kepada proses pembelajaran
dalam bentuk interaksi antara guru dan siswa.
Karena tujuan dari PTK yakni untuk meperbaiki pembelajaran yang
kaitanya dengan interaksi anatara guru
dan siswa saja.
Keempat,
PTK bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran secara terus-menerus.
Artinya Dalam PTK dilakukan secara berkelanjutan dari satu bab ke bab lainya
atau dari satu semester ke semester lainnya, maka akan ditemukan model
pembelajaran yang terbaik. (Referensi Panduan PTK dari www.divapress-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar