Proposal Workshop penyusunan perangkat Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013
Pusing Menyusun Administrasi Pembelajaran?
disini Solusinya 081222940294 (SMS / WA)
- A. LATAR BELAKANG
Perubahan kurikulum dapat bersifat sebagian (pada kompoenen tertentu), tetapi dapat pula bersifat keseluruhan yang menyangkut semua komponen kurikulum. Pembaharuan kurikulum biasanya dimulai dari perubahan konsepsional yang fundamental yang diikuti oleh perubahan struktural. Pembaharuan dikatakan bersifat sebagian bila hanya terjadi pada komponen tertentu saja misalnya pada tujuan saja, isi saja, metode saja, atau sistem penilaiannya saja. Pembaharuan kurikulum bersifat menyeluruh bila mencakup perubahan semua komponen kurikulum. Dalam perjalanan sejarah sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan nasional telah mengalami perubahan, yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, dan 2004, 2006 dan tak ketinggalan juga kurikulum terbaru yang akan diterapkan di tahun ajaran 2013/2014. Sebelum pelaksanaan penerapan kurikulum 2013 ini, pemerintah melakukan uji public untuk menentukan kelayakan kurikulum ini di mata public. Kemudian pada akhirnya di tahun 2013 akan mulai diberlakukan kurikulum ini secara bertahap.
Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.
Orientasi Kurikulum 2013 adalah terjadinya
peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude),
keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Hal ini sejalan dengan
amanat UU No. 20 Tahun 2003 sebagaimana tersurat dalam penjelasan Pasal
35: kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang
mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar
nasional yang telah disepakati. Hal ini sejalan pula dengan pengembangan
kurikulum berbasis kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004
dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara
terpadu.
Terbitnya Kurikulum 2013 untuk semua satuan
pendidikan dasar dan menengah, merupakan salah satu langkah sentral dan
strategis dalam kerangka penguatan karakter menuju bangsa Indonesia yang
madani. Kurikulum 2013 dikembangkan secara komprehensif, integratif,
dinamis, akomodatif, dan antisipatif terhadap berbagai tantangan pada
masa yang akan datang. Kurikulum 2013 didesain berdasarkan pada budaya
dan karakter bangsa, berbasis peradaban, dan berbasis pada kompetensi.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 diyakini mampu mendorong terwujudnya
manusia Indonesia yang bermartabat, beradab, berbudaya, berkarakter,
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis, bertanggung jawab, serta mampu menghadapi berbagai tantangan
yang muncul di masa depan.
Namun, saat ini masih banyak yang bertanya khususnya diantara
guru-guru SMA Negeri 2 Banjar tentang bagaimanakah bentuk Dokumen
Kurikulum 2013 itu seperti apa? Para guru juga perlu diberikan pemahaman
yang lebih mendalam mengenai Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013
tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan, serta sejumlah peraturan baru yang
berkaitan dengan kebijakan Kurikulum 2013, diantaranya tentang: (1)
Standar Kompetensi Lulusan (SKL); (2) Standar Proses; (3) Standar
Penilaian; (4) Struktur Kurikulum SMA-MA, dan SMK-MAK; dan (5) Buku Teks
Pelajaran. Peraturan-peraturan tersebut yang perlu lebih dipahami
antara lain: Standar Kompetensi Lulusan (Permendikbud No.54/2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan) Standar Proses (Permendikbud No.65/2013 tentang Standar Proses) Standar Penilaian (Permendikbud No. 66/2013 tentang Standar Penilaian) Lampiran Permendikbud No.66/2013 Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMA-MA (Permendikbud No. 69/2013 tentang Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMA-MA) Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK (Permendikbud No 70/2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-SMA) Buku Teks Pelajaran (Permendikbud No. 71/2013 tentang Buku Teks Pelajaran)
Sebagai kurikulum yang disempurnakan, Kurikulum
2013 niscaya belum dipahami oleh masyarakat luas, termasuk oleh guru SMA
Negeri 2Banjar. Kurikulum tersebut juga belum dilengkapi dengan
berbagai perangkat pendukung pembelajaran, seperti silabus, rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, sistem penilaian dan
sejenisnya. Hal demikian mengisyaratkan mengenai penting dan perlunya
workshop implementasi Kurikulum 2013, khususnya untuk guru dan kepala
SMA Negeri 2 Banjar.
Oleh karena itu, untuk mendukung keefektifan dan pemahaman
pelaksanaan kurikulum SMA pada tahun pelajaran 2013/2014, Tim Litbang
SMA Negeri 2 Banjar sangat perlu workshop Implementasi Kurikulum Tahun
2013 untuk Satuan SMA Negeri 2 Banjar. Melalui kegiatan workshop
tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemahaman, penguasaan, dan
kemampuan guru/kepala SMA Negeri 2 Banjar tentang latar belakang,
filosofi, konsep, tujuan, standar isi, standar kompetensi lulusan,
kompetensi inti dan kompetensi dasar, standar proses, struktur
kurikulum, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), metode dan
media, bahan ajar, bahan tayang, dan perangkat pembelajaran lainnya
seperti sistem penilaian, serta aplikasinya dalam implementasi Kurikulum
SMA Tahun 2013 khususnya di SMA Negeri 2 Banjar sehingga tidak
terjadinya biasa atau ketimpangan dalam praktek pelaksanaaanya di
lapangan.B.Tujuan
Berdasarkan latar belakang kegiatan di atas, maka tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan pemahaman guru SMA Negeri 2 Banjar tentang latar belakang, filosofi, konsep, tujuan, standar isi, standar kompetensi lulusan, kompetensi inti dan kompetensi dasar, standar proses, struktur kurikulum, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), metode dan media, bahan ajar, bahan tayang, dan perangkat pembelajaran lainnya seperti sistem penilaian, serta aplikasinya dalam implementasi Kurikulum SMA Tahun 2013
- Guru SMA Negeri 2 Banjar mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), metode dan media, bahan ajar, bahan tayang, dan perangkat pembelajaran lainnya seperti sistem penilaian, serta aplikasinya dalam implementasi Kurikulum SMA Tahun 2013
C.Sasaran Kegiatan
Sesuai tujuan di atas, sasaran dari kegiatan Workshop pengembangan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 ini adalah : semua tenaga pendidik baik bestatus PNS maupun non-PNS di lingkungan SMA Negeri 2 Banjar pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014.
E. Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan pemberian bantuan implementasi kurikulum tahun 2013 adalah:
1. Mampu memahami latar belakang implementasi kurikulum 2013;
2. Memiliki kesamaan persepsi dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakan kurikulum tahun 2013
3. Mampu membuat perencanaan kurikulum sesuai dengan rambu-rambu implementasi kurikulum 2013;
4. Mampu menerapkan kurikulum 2013 yang dimulai pada tahun ajaran 2014/2015;
5. Mampu menggunakan buku ajar yang telah disiapkan sesuai dengan jenjang pendidikan;
6. Mampu meningkatkan motivasi, frekuensi, dan intensitas implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Banjar;
7. Mampu meningkatkan mutu pembelajaran berdaasarkan kurikulum tahun 2013 pada di SMA Negeri 2 Banjar;
F. Dampak
Dampak yang ingin dipetik melalui pelaksanaan
kegiatan workshop penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum tahun
2013, antara lain:
1. Meningkatnya keefektifan dan efisiensi pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum SMA tahun 2013 secara nasional;
2. Meningkatnya profesionalitas kepala SMA Negeri 2
Banjar yang dibuktikan melalui perubahan perilaku, kreativitas, dan
inovasi dalam peningkatan karier;
3. Terdiseminasikannya implementasi kurikulum/SMA
tahun 2013 kepada kolega kepala/guru SD/SMP/SMA/SMK di
kabupaten/kota/provinsi terkait;
4. Meningkatnya profesionalisme kepala/guru SMA Negeri 2 Banjar dalam pembelajaran;
5. Meningkatnya kinerja kepala/guru SD/SMP/SMA/SMK;
7. Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembelajaran SMA Negeri 2 Banjar;
8. Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pendidikan di SMA Negeri 2 Banjar;
9. Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pelayanan peserta didik di SMA Negeri 2 Banjar;
H. Sumber Dana
Kegiatan Workshop penyususan perangkat pembelajaran kurikulum tahun
2013 bersumber dari dana partispasi masyarakat berupa bantuan dana
Komite SMA Negeri 2 Banjar.
BAB II
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN
A. Struktur Program
1. Program yang perlu dikembangkan dalam workshop
pengembangan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013, antara lain sebagai
berikut.
a. Struktur Program workshop pengembangan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 ;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar